Sunday 12 July 2020

Sebuah Opini Kritis Alumni. Agricultural Engineers: "Apakah Hanya Mengurusi Rancang Bangun Alat dan Mesin Pertanian atau Juga Berperan Dalam Rekayasa Produksi Biomassa Tumbuhan dan Sumberdaya Hayati?"


Menurut Wikipedia, definisi dan peran Agricultural Engineers adalah

“Agricultural engineers may perform tasks such as planning, supervising and managing the building of dairy effluent schemes, irrigation, drainage, flood water control systems, performing environmental impact assessments, agricultural product processing and interpret research results and implement relevant practices. A large percentage of agricultural engineers work in academia or for government agencies such as the United States Department of Agriculture or state agricultural extension services. Some are consultants, employed by private engineering firms, while others work in industry, for manufacturers of agricultural machinery, equipment, processing technology, and structures for housing livestock and storing crops. Agricultural engineers work in production, sales, management, research and development, or applied science.

In the United Kingdom the term Agricultural Engineer is often also used to describe a person that repairs or modifies agricultural equipment.” [1]


Sedangkan menurut website Rekayasa Pertanian SITH definisi dan peran Agricultural Engineers adalah:

“Program Sarjana Rekayasa Pertanian merupakan program pendidikan interdisipliner untuk menghasilkan professional agriculture engineers yang mampu menjawab tantangan masalah terkini di bidang pertanian. Untuk mendukung hal tersebut, disusun tujuan pendidikan Program Sarjana Rekayasa Pertanian untuk menghasilkan profesional yang:

- Handal dan tangguh untuk mengembangkan sumberdaya hayati yang berkelanjutan, berkontribusi dalam memenuhi swasembada produk pertanian dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Jawa Barat dan Indonesia umumnya.

- Sebagai perancang sistem produksi biomassa pertanian yang efisien secara biologis dan ekonomis pada berbagai kondisi lingkungan dengan mengadopsi termuan terkini pada bidang sains dan teknologi, dan mencapai potensi maksimal melalui pebelajaran seumur hidup.” [2]


Dari dua definisi di atas terdapat dua perbedaan kontras definisi secara umum, dari Wikipedia terutama dari definisi di United Kingdom disebutkan bahwa seorang Agricultural Engineers adalah orang yang memperbaiki dan memodifikasi alat dan mesin pertanian (alsintan) sedangkan menurut website Rekayasa Pertanian SITH ITB, Agricultural Engineers adalah seorang perancang sistem produksi biomassa pertanian yang efisien secara biologis dan ekonomis pada berbagai kondisi lingkungan.

Jadi sebuah pertanyaan kritis dari penulis adalah,

Apakah seorang Agricultural Engineers hanya berperan sebagai “orang yang merancang bangun alat dan mesin pertanian” atau juga sebagai “perekayasa produksi biomassa tumbuhan dan sumberdaya hayati”?

Mari kita simak!

Mari kita lihat Teknik Pertanian Unpad. Di website HIMATETA (Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian) Unpad dijelaskan bahwa,

“Pada bagian akhir studinya, mahasiswa program studi Teknik Pertanian FTIP Unpad akan menentukan bidang keahlian atau spesialisasinya. Spesialisasi ini ditandai dengan mata kuliah pilihan, PKL dan penelitian skripsi. Idealnya ketiga hal ini sejalan sehingga materinya saling menunjang dan mahasiswa mendapatkan spesialisasinya secara utuh. Bidang kajian tersebut yaitu:
  1. Alat dan Mesin Pertanian
  2. Teknik Tanah dan Air
  3. Teknik Pengolahan Pasca Panen
  4. Sistem dan Manajemen Mekanisasi Pertanian.” [3]

Sehingga dapat terlihat bahwa Teknik Pertanian Unpad lebih condong kepada definisi Wikipedia dimana Agricultural Engineers lebih ke orang yang merancang bangun alat dan mesin pertanian dan hal yang berhubungan dengan keteknikan pertanian serta kurang berhubungan dengan rekayasa efisiensi produksi biomassa tumbuhan dan sumberdaya hayati sebagaimana definisi website Rekayasa Pertanian SITH ITB.

Mari kita lihat Teknik Mesin dan Biosistem IPB. Di laman Wikipedia dijelaskan bahwa,

“Dengan berbagai pertimbangan, terutama mengenai perkembangan bidang ilmu dan minat masyarakat, pada tahun 2010 nama Departemen Teknik Pertanian berubah menjadi Teknik Mesin dan Biosistem (TMB). Perubahan juga terjadi pada bagian-bagian di dalam departemen. Terdapat 4 bagian yang baru, yaitu :

Sedangkan kompetensi lulusan dari program studi sarjana Teknik Mesin dan Biosistem adalah,

“Setelah menyelesaikan program studi ini lulusan mampu menguasai ilmu pertanian dan biosistem, dasar-dasar keteknikan, alat dan mesin pertanian, ilmu sistem dan manajemen, sistem kontrol dan instrumentasi, sumberdaya alam dan lingkungan, pengolahan hasil pertanian dan pangan, energi dan eletrifikasi, teknologi informas dan komunikasi, dan etika profesi keteknikan serta kewirausahaan.” [5]


Sehingga dapat terlihat bahwa Teknik Mesin dan Biosistem IPB lebih condong kepada menggabungkan definisi Wikipedia dimana Agricultural Engineers lebih ke orang yang merancang bangun alat dan mesin pertanian dan hal yang berhubungan dengan keteknikan pertanian dengan definisi website Rekayasa Pertanian SITH ITB yaitu rekayasa efisiensi produksi biomassa tumbuhan dan sumberdaya hayati, karena di dalam Teknik Mesin dan Biosistem IPB terdapat divisi yang membahas kedua definisi tersebut yaitu, Teknik Mesin dan Otomasi (TMO), Teknik Biosistem (TBS), Teknik Energi Terbarukan (TET), dan Teknik Bioinformatika (TBI) serta kompetensi lulusannya pun menggabungkan kompetensi dua definisi tersebut.

Mari kita lihat Teknik Pertanian dan Biosistem UGM. Menurut website nya, learning objective dari Teknik Pertanian dan Biosistem UGM adalah,

“Program Educational Objective (PEO)

Within a few years of graduation, graduates are expected to have established themselves as practicing engineers who:
  1. Are able to apply fundamental engineering principles including mathematics, physical science, biological science, and engineering science, as well as system and management.
  2. Are able to serve the engineering needs in the areas of energy and agricultural machinery, land and water resources, food and agricultural products, as well as environment and ecosystems.
  3. Are successfully employed as a designer, manager, system analyst, science and technology developer, or entrepreneur.
  4. Are able to be engaged in professional development and life-long learning throughout their careers.
  5. Have interpersonal and collaborative skills and the capacity for productive and advancing careers in leadership roles as well as exhibit effective communications skills.
Learning Objectives (Competence)

Able to identify, understand, and explain sustainable tropical industrial agricultural system using principles of agricultural engineering science.

Able to design and construct, as well as to manage natural resources, equipment, industrial processes in an environmentally friendly tropical agricultural systems using the principles of agricultural engineering science

Able to perform scientific communication effectively and responsive to the application of science and technology in the field of agriculture engineering.

Able to perform an experiment, as well as to analyze and interpret data to improve the performance of agriculture and biosystems.

Able to show a professional and innovative work in the field of agricultural engineering in accordance with ethical norms of public life.

Able to evaluate or analyze the sustainable tropical industrial agricultural system using principles of agricultural engineering science

Able to apply a competitive technology based on local raw materials and local wisdom in tropical industrial agriculture. “ [6]


Meskipun tidak dijelaskan secara rinci di website nya, tapi Teknik Pertanian dan Biosistem UGM berfokus pada “energy and agricultural machinery, land and water resources, food and agricultural products, as well as environment and ecosystems” yang terlihat hampir sama dengan Teknik Pertanian Unpad. (Mohon dikoreksi apabila kurang tepat). Sehingga dapat lebih condong kepada definisi dari Wikipedia yaitu dimana Agricultural Engineers lebih ke orang yang merancang bangun alat dan mesin pertanian dan hal yang berhubungan dengan keteknikan pertanian serta kurang berhubungan dengan rekayasa efisiensi produksi biomassa tumbuhan dan sumberdaya hayati sebagaimana definisi website Rekayasa Pertanian SITH ITB. Meskipun menurut video profil Teknik Pertanian dan Biosistem UGM di YouTube [7] disebutkan pula terdapat laboratorium Biofisik yang berkaitan dengan biofisik tumbuhan dan hewan.


Mari kita simak dari Departement of Agricultural and Biosystem Engineering di Iowa State University, Amerika Serikat. Di website nya dijelaskan bahwa,

“The Agricultural Engineering Profession

As an agricultural engineer, you apply your knowledge of the biological, physical, and engineering and technical sciences to solve problems for the world’s largest industry ­ — the agriculture and food system. Here’s just the beginning of the things you could do:
  • Design, development, and testing of advanced machinery systems for agricultural, food, and bioenergy production systems
  • Evaluation, development and modeling of systems for sustainable protection and improvement of soil and water resources
  • Design and development of environmentally and economically sustainable animal production systems
  • Development and evaluation of management systems to insure food quality, safety and biosecurity
  • Manage complex agricultural and biological systems
Option Areas of Study

1. Power Machinery and Engineering: This area challenges the creative mind to design and improve upon the next generation of off-road vehicles and agricultural equipment.
2. Land and Water Resources Engineering: This emphasis enables you to design and evaluate soil and water conservation systems to mitigate and improve the environmental impacts of production agriculture. Areas of study also include GIS and natural resource management, water quality, and environmental engineering.
3. Animal Production Systems Engineering: This option allows you to focus on all aspects of animal productions including structural design and analysis, environmental control options for housed animals, and air quality issues associated with animal production.” [8]


Sangat kontras terlihat bahwa apabila di Iowa State University lebih condong kepada definisi Wikipedia dimana Agricultural Engineers lebih ke orang yang merancang bangun alat dan mesin pertanian dan hal yang berhubungan dengan keteknikan pertanian serta kurang berhubungan dengan rekayasa efisiensi produksi biomassa tumbuhan dan sumberdaya hayati sebagaimana definisi website Rekayasa Pertanian SITH ITB.

Di Rekayasa Pertanian SITH sendiri pada kurikulum terbaru 2019 termasuk pada kurikulum 2013 dimana penulis masih menjadi mahasiswa, Mesin Pertanian hanya merupakan mata kuliah pilihan dan tidak wajib diambil oleh mahasiswa, tetapi pada kurikulum 2019 terdapat mata kuliah baru yaitu Sistem Otomasi Pertanian yang berkaitan dengan rancang bangun sistem pertanian. Sedangkan sedari awal Rekayasa Pertanian berdiri, kurikulum dan tujuan pembelajaran lebih diarahkan pada konsep efisiensi produksi biomassa secara biologis dan ekonomis yang ditopang oleh mata kuliah seperti Neraca Massa dan Energi Biosistem (NME) atau Neraca Massa dan Energi Sistem Hayati pada kurikulum sekarang atapun pada mata kuliah seperti Peristiwa Perpindahan Dalam Biositem (PPDB) atau Peristiwa Perpindahan Dalam Sistem Hayati pada kurikulum sekarang. Dan mata kuliah sisanya lebih cenderung gabungan antara mata kuliah di program studi Agroteknologi dan Agribsinis, seperti mata kuliah Fisiologi dan Perkembangan Tumbuhan, Media Tumbuh, Perlindungan Pertanian Terpadu, Teknik Pemuliaan, Teknologi Benih, Agroekologi, Pertanian Organik, Sosiologi Pertanian, Ekonomi Pertanian dan mata kuliah lainnya serta mata kuliah yang berhubungan dengan keteknikan pertanian seperti Rekayasa Sumberdaya Air dan Lahan serta Mekanika Fluida. Sehingga dapat terlihat bahwa Rekayasa Pertanian SITH ITB merupakan ‘gado-gado’ atau campuran antara program studi Teknik Pertanian, Agroteknologi, dan Agribisnis di Universitas lain, sehingga mungkin diharapkan dapat lebih komprehensif dalam menjawab persoalan pertanian di lapangan dan tentu dapat menjadi keuntungan dan kelebihan tersendiri bagi mahasiswa dan alumni Rekayasa Pertanian SITH ITB yang meskipun menjadi “generalis” tetapi dapat lebih komprehensif karena mempelajari mata kuliah setara 3 program studi di Universitas lain yaitu Teknik Pertanian, Agroteknologi, dan Agribisnis.

Jawaban dari pertanyaan di judul diatas, “Agricultural Engineers: Apakah Hanya Mengurusi Rancang Bangun Alat dan Mesin Pertanian atau Juga Berperan Dalam Rekayasa Produksi Biomassa Tumbuhan dan Sumberdaya Hayati?” ternyata dapat memiliki berbagai jawaban tergantung dari kekhasan program studi sarjana yang ada. Karena tentu setiap program studi memiliki kelebihan dan Unique Value Proposition masing-masing yang membuat nya lebih unggul. Sehingga kesimpulan penulis saatnya untuk meniadakan dikotomi perbedaan definisi dan peran yang ada karena kedua definisi dan peran tersebut tidak lah salah tetapi saling melengkapi dan ayo bersama mari kita berperan untuk kemajuan dan kejayaan pertanian Indonesia. Semangat berkontribusi :)