Sunday 12 February 2023

[Part III] Kutipan Buku “Unlimited Power” karya Anthony Robbins @tonyrobbins

 

 

Hubungan yang selaras adalah alat utama untuk menciptakan hasil dengan orang lain. Ingat, kita telah mempelajari di bab sebelumnya bahwa orang merupakan sumberdaya terpenting Anda. Tidak peduli apa pun yang Anda inginkan dalam hidup Anda, jika Anda membangun hubungan keselarasan Anda dengan orang yang tepat, Anda akan mampu memenuhi kebutuhannya, dan mereka akan mampu memenuhi kebutuhan Anda.

Bagaimana untuk mendapatkan apa pun yang Anda inginkan: "Minta," ucap saya. "Bagian akhir pembelajaran."

Apakah saya bercanda? Tidak. Ketika saya mengatakan, "Minta," saya tidak memaksudkan dengan memelas atau mengemis atau komplain atau menyembah-nyembah. Saya tidak memaksudkan harapan mendapatkan sedekah atau makan siang gratis atau mendapatkan derma. Saya tidak memaksudkan agar Anda berharap seseorang melakukan pekerjaan Anda untuk Anda. Apa yang saya maksudkan adalah belajar untuk meminta dengan cerdas dan dengan akurat. Belajar untuk meminta dengan cara yang dapat membantu Anda mendefinisikan sekaligus mencapai hasil Anda. Sekarang Anda memerlukan beberapa peralatan lisan yang spesifik. Terdapat lima panduan untuk meminta dengan cerdas serta akurat.

1. Meminta dengan spesifik. Anda harus menjelaskan apa yang Anda inginkan, baik bagi diri Anda sendiri maupun untuk orang lain. Seberapa tinggi, seberapa jauh, seberapa banyak? Kapan, dimana, bagaimana, dengan siapa? Jika bisnis Anda memerlukan pinjaman, Anda akan mendapatkannya -jika Anda mengetahui bagaimana cara meminta. Anda tidak akan mendapatkannya jika Anda mengatakan, "Kami memerlukan lebih banyak uang untuk mengembangkan lini produk baru. Kami mohon pinjami kami uang." Anda perlu mendefinisikan dengan akurat apa yang Anda inginkan, mengapa Anda menginginkan itu, dan kapan Anda membutuhkannya. Anda perlu untuk menunjukkan apa yang dapat Anda hasilkan dengannya. Dalam seminar-seminar penetapan tujuan kami, orang-orang selalu mengatakan mereka menginginka lebih banyak uang. Saya memberikan seperempat dolar. Mereka meminta dan mereka menerimanya, namum mereka tidak meminta dengan cerdas, jadi mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan.

2. Meminta kepada seseorang yang dapat membantu Anda. Tidak cukup hanya dengan meminta secara spesifik, Anda harus meminta secara spesifik kepada seseorang yang memiliki sumberdaya -pengetahuan, modal, sensitivitas, atau pengalaman bisnis. Katakanlah Anda memliki permasalahan dengan pasangan Anda. Hubungan Anda memburuk. Anda dapat mencurahkan isi hati Anda. Anda dapat menjadi begitu spesifik dan jujur. Akan tetapi jika Anda mencari pertolongan dari seseorang yang memiliki hubungan yang menyedihkan sebagaimana hubungan Anda, akankah Anda berhasil? Tentu tidak.

3. Ciptakan nilai bagi orang tempat Anda meminta. Jangan hanya meminta dan mengharapkan seseorang memberikan sesuatu kepada Anda. Cari tahu bagaimana Anda dapat membantunya terlebih dahulu. Jika Anda memiliki gagasan bisnis dan memerlukan uang untuk mendorongnya, satu cara untuk melakukan adalah dengan menemukan seseorang yang bisa membantu sekaligus bisa mendapatkan keuntungan. Tunjukan kepadanya bagaimana ide Anda dapat menghasilkan uang bagi Anda dan juga baginya. Nilai yang Anda ciptakan tidak harus selalu bersifat kentara seperti itu. Nilai yang Anda ciptakan dapat hanya berupa perasaan atau sebuah mimpi, namun itu sering kali sudah cukup. Jika Anda datang kepada saya dan mengatakan bahwa Anda membutuhkan 10.000 dolar, saya mungkin akan mengatakan, "Demikian juga dengan banyak orang lainnya." Jika Anda mengatakan bahwa Anda memerlukan uang tersebut untuk membuat perbedaan bagi kehidupan orang lain, saya mungkin akan mulai mendengarkan. Jika Anda secara spesifik menunjukan kepada saya bagaimana Anda ingin menolong orang lain dan menciptakan nilai bagi mereka dan diri Anda sendiri, saya mungkin akan melihat bagaimana membantu Anda akan dapat menciptakan nilai juga bagi diri saya.

4. Memintalah dengan keyakinan yang fokus, kongruen. Cara yang paling pasti untuk memastikan kegagalan adalah menyampaikan dengan keraguan (dua perasaan yang bertentangan). Jika Anda tidak yakin mengenai apa yang Anda minta, bagaimana dengan orang lain? Jadi ketika Anda meminta, lakukan hal tersebut dengan keyakinan bulat. Ekspresikan hal tersebut dalam kata-kata dan gerak fisik Anda. Mampukanlah diri Anda untuk menunjukkan bahwa Anda yakin terhadap apa yang Anda inginkan, Anda yakin bahwa Anda akan sukses, dan Anda yakin bahwa Anda akan menciptakan nilai, bukan hanya bagi Anda namun juga bagi orang yang Anda meminta kepadanya.

5. Meminta hingga Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan. Itu tidak berarti meminta kepada orang yang sama. Itu tidak berarti meminta dengan cara yang persis sama. Ingat, Formula Sukses Utama mengatakan Anda  perlu menumbuhkan ketajaman indra untuk mengetahui bagaimana dan untuk mengetahui apa yang Anda peroleh, dan Anda harus memiliki fleksibilitas diri untuk berubah. Jadi ketika Anda meminta, Anda harus berubah dan menyesuaikan diri hingga Anda mendapat apa yang Anda inginkan. Ketika Anda mempelajari kehidupan orang-orang sukses, Anda akan mendapatkan bahwa mereka lagi dan lagi tetap meminta, tetap mencoba, tetap berubah -karena mereka tahu bahwa cepat atau lambat mereka akan menemukan seseorang yang dapat memuaskan kebutuhan mereka.

Selain meminta, kemampuan untuk mewujudkan hubungan keselarasan adalah salah satu kemampuan terpenting yang dapat dimiliki oleh seseorang. Untuk menjadi bintang pertunjukan atau tenaga penjual yang baik, menjadi orang tua atau teman baik, pendorong atau politisi yang baik, apa yang amat Anda butuhkan adalah hubungan keselarasan, kemampuan untuk membentuk ikatan kesamaan manusia yang kuat dan hubungan yang responsif.        

No comments:

Post a Comment