Saturday 11 February 2023

[Part I] Kutipan Buku "Unlimited Power" karya Anthony Robbins @tonyrobbins



Membaca lagi buku "Unlimited Power" dari Tony Robbins yang saya beli di tahun 2014. Saya sudah membaca sampai bab 4 dan akan mencoba menampilkan kutipan-kutipan yang bermakna dan penting bagi saya. Selamat menyimak!

"Kehidupan orang-orang yang berhasil telah menunjukkan kepada kita berulang kali bahwa kualitas hidup kita bukan ditentukan oleh apa yang terjadi pada diri kita, tetapi oleh apa yang kita lakukan terhadap apa yang terjadi."

"Sekali lagi, memiliki pengetahuan tidaklah cukup. Tindakanlah yang menciptakan hasil."

"Semakin banyak saya membaca buku tentang NLP (Neuro-Linguistic-Programming), semakin besar keheranan saya saat mengetahui bahwa sedikit atau tidak ada buku yang membahas tentang proses mencontoh. Bagi saya, mencontoh adalah jalan menuju keberhasilan. Ini berarti jika melihat siapa pun di dunia ini menciptakan hasil yang saya inginkan, maka saya bisa menciptakan hasil yang sama jika saya bersedia menyediakan waktu dan usaha yang diperlukan. Jika Anda ingin meraih keberhasilan, maka yang harus Anda lakukan adalah mencari cara untuk mencontoh mereka yang telah berhasil. Seperti mengetahui tindakan apa yang mereka lakukan, khususnya bagaimana mereka menggunakan otak dan tubuh mereka untuk meciptakan hasil yang ingin Anda tiru. Jika Anda ingin menjadi teman yang lebih baik, orang yang lebih kaya, orangtua yang lebih baik, atlet yang lebih baik, pengusaha yang lebih berhasil maka yang harus Anda lakukan adalah mencari contoh orang yang berhasil. ...Namun, tujuan saya untuk Anda bukan hanya untuk mempelajari berbagai pola keberhasilan ini, tetapi juga lebih dari itu yaitu menciptakan contoh Anda sendiri."

"Keyakinan/Sikap -> Kemampuan -> Tindakan -> Hasil -> Keyakinan/Sikap"
 
"Keyakinan kitalah yang menentukan seberapa banyak kemampuan yang dapat kita gunakan. Keyakinan dapat membuka atau menutup aliran ide. Bayangkan situasi berikut ini. Seseorang mengatakan kepada Anda, "Tolong ambilkan garam," dan saat Anda memasuki ruangan sebelah Anda berkata, "Tetapi aku tidak tahu tempatnya." Setelah mencari selama beberapa menit, Anda berteriak, "Aku tidak bisa menemukan garamnya." Kemudian orang itu berjalan menghampiri Anda, lalu mengambil garam dari rak yang berada tepat di depan Anda, dan berkata, "Lihatlah, garamnya tepat didepanmu. Seandainya garam ini ular, ia pasti sudah menggigitmu." Saat Anda berkata, "Aku tidak bisa," Anda memberi otak Anda perintah untuk tidak melihat garam. Dalam psikologi, kami menyebutnya skotoma. Ingatlah bahwa setiap pengalaman manusia, apapun yang pernah Anda katakan, lihat, dengar, raba, cium, atau rasakan disimpan dalam otak Anda. Saat Anda mengatakan Anda tidak ingat, maka Anda benar. Saat Anda mengatakan Anda ingat, maka Anda memberi perintah pada susunan saraf Anda untuk membuka jalan menuju bagian otak Anda yang kemungkinan bisa memberikan jawaban yang Anda butuhkan."

"Mereka bisa karena mereka berpikir mereka bisa." -Virgil

No comments:

Post a Comment