Saturday 25 September 2021

My Riding Journey

Seperti pada judul artikel ini, aku akan sedikit menceritakan mengenai perjalanan ku belajar mengendarai sepeda motor. Mungkin bagi sebagian orang mengendarai motor adalah hal yang biasa saja, tidak ada yang spesial, tapi bagiku ini adalah salah satu pencapaian besar yang akan menjadi bekal bagiku untuk seumur hidup.


Aku belajar sepeda motor pertama kali pada tahun 2016 saat aku berusia 20 tahun. Waktu itu aku sedang menjalani semester 5 di Rekayasa Pertanian SITH ITB dan akan kerja praktek ke Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan sendirian, sehingga aku berpikir penting bagiku untuk belajar motor, karena siapa tau di tempat kerja praktek aku harus mengendarainya. Saat itu Mamah dan Aa Gaya, Kakakku, membelikan sepeda motor Yamaha Mio agar aku bisa gunakan untuk belajar motor. Bukan motor baru tapi cukup untuk mempersiapkan aku belajar motor. Aku pertama kali belajar didampingi oleh A Buris, setelah beberapa waktu latihan dilanjut oleh A Brey. Saat itu kemampuan mengendalikan motor ku masih payah, aku kesulitan mengendarai motor. Lalu setelah itu aku melanjutkan belajar dengan A Mpink tepat saat bulan Ramadhan sebulan sebelum aku pergi ke Sumatera Selatan. Dengan A Mpink latihan motor lebih diintensifkan dan aku mulai bisa mengendalikan motor sedikit demi sedikit. Dan di akhir bulan Ramadhan aku berhasil membawa motor dari Cicadas sampai Ujungberung ke tempat tinggalku meskipun masih belum benar-benar lancar. Lalu pergilah aku ke Sumatera Selatan, dan di sana ternyata skill motor ku tidak digunakan, karena aku lebih banyak diantar jemput disana. Pada semester setelahnya aku lebih disibukkan oleh Tugas Akhir dan mengejar nilai bagus, aku pun tidak pernah menyentuh motor lagi setelah itu.

Aku lulus kuliah pada tahun 2018, lalu setelah itu sibuk mencari pekerjaan dan harus juga ikut menjaga Mamah yang patah tulang, aku pernah ceritakan dipost sebelumnya. Karena itu aku pun tidak sempat memikirkan untuk melancarkan kembali belajar motor. Tibalah saat aku mulai bekerja di Griin.id pada Agustus 2021. CEO ku di Griin.id, Bang Ifan, mendorong ku untuk kembali melancarkan mengendarai motor, karena untuk kedepan dibutuhkan mobilitas yang lebih tinggi untuk kerjaan sehingga skill mengendarai sepeda motor sangat diperlukan. Saat itulah aku menghubungi Aa Gaya untuk menghubungi A Mpink untuk kembali mendampingiku belajar motor. Akhir nya aku mulai belajar motor lagi mulai tanggal 14 Agustus setiap weekend saat libur kerja. Karena terakhir aku mengendarai motor 5 tahun lalu pada 2016, aku sudah agak lupa lagi cara mengendarai motor, jadi aku mulai belajar dari awal lagi. Mulai dari mengendarai lurus, angka 8, sampai mencoba belok di jalan kosong dan lapangan. Alhamdulillah aku terus konsisten dan berprogress saat latihan motor tiap weekend. Ini video aku latihan motor di Taman Makam Pahlawan Cikutra pada 22 Agustus 2021.

 



Setelah cukup mahir mengendarai di jalan kosong dan lapangan, aku mulai belajar mengendarai di jalan komplek didekat rumah Kakakku di Kosar, Cijambe yang ada trek naik turun nya. Setelah cukup mahir, aku mulai mencoba di jalan hidup di sekitar Kosar-Cijambe-Pasirjati. Alhamdulillah aku bisa melalui uji coba-uji coba latihan tersebut. Pada awalnya aku mencoba membawa motor dengan membonceng A Mpink tapi perlahan aku mencoba membawa sendiri sambil diawasi A Mpink yang juga membawa motor sendiri. Akhirnya sampailah aku mencoba membawa motor ke jalan raya besar. Aku membawa motor ke Jalan A.H. Nasution dari rumah Kakakku di Cijambe ke rumah tinggal ku di Cigending pada tanggal 25 September 2021. Dan A Mpink memvideokan nya saat aku membawa motor di jalan raya besar.

 

Dan pekerjaan rumah ku saat ini adalah terus konsisten menambah pengalaman membawa motor di jalan, dan lalu tentu saja membuat SIM C. Semoga aku bisa segera mendapatkan SIM C ya. Ini adalah awal dari perjalanan panjang ku kedepan untuk berkendara. Modal yang baik dan berharga untuk dapat melancarkan aktivitas dan kerjaan ku ke depan sekaligus menjadi pengalaman berkesan dalam hidup ku. Semoga dengan post ini aku dapat mengenang lagi saat pertama-tama aku belajar motor dan menjajal jalan raya :)

No comments:

Post a Comment