Saturday 27 January 2024

#22HBB Vol.3 Day 22 Buku Pangan: Sistem, Diversifikasi, Kedaulatan, dan Peradaban Indonesia Karya Dr. E. Herman Khaeron, Ir., M.Si. - Hari Terakhir

 


Berikut ini rekap insight dan rangkuman dari Day 22 Hari Terakhir Challenge 22 Hari Baca Buku (#22HBB) Vol. 3 Buku Pangan: Sistem, Diversifikasi, Kedaulatan, dan Peradaban Indonesia karya Dr. E. Herman Khaeron, Ir., M.Si. Selamat Menyimak!


Day 22 #22HBB Vol.3 (27 Januari 2024)

6 - 0 – Dzikra Yuhasyra ⚽

📚 Pangan: Sistem, Diversifikasi, Kedaulatan, dan Peradaban Indonesia - Dr. E. Herman Khaeron, Ir., M.Si. – hlm. 30-31/352


Insight/rangkuman/catatan:

Dinamika Politik Pangan Indonesia

Secara historis, politik pangan Indonesia mengalami perubahan internal dan tidak lepas dari pengaruh lingkungan eksternal. Secara internal, pasca-kemerdekaan, politik pangan Indonesia dihadapkan pada ketidakpastian. Perkebunan masih dominan, tetapi produksi dan pasarnya melandai akibat perang berkepanjangan. Misi korporasi mengerahkan pasukan sekutu dalam Agresi 1 dan Agresi 2, salah satunya untuk mempertahankan keberlanjutan perkebunan atau investasi pangan.

Revolusi fisik selesai dengan kesepakatan yang masih menguntungkan korporasi (company), bahkan digaransi dengan undang-undang yang substansinya didesain korporasi dan sekutu melalui badan pangan dunia. Sejatinya, pemerintah orde lama sendiri lebih berfokus pada upaya membangun kemandirian dan kedaulatan pangan. Secara global, perang pangan dimasukkan sebagai agenda dalam perang dingin, sehingga pertarungan korporasi dan komunitas pangan sudah berlangsung.

No comments:

Post a Comment