Wednesday 1 November 2023

Krisis Potensi Hilirisasi - Rizky Ardiprakoso - Malaka Project

 

 

Berawal dari status WhatsApp Pak Trida, dosen mata kuliah Politik Pertanian dan Agraria di Faperta UNPAD, beliau menshare link Instagram tentang Malaka Project. Sebelumnya saya belum tau mengenai apa itu Malaka Project, dan segeralah saya meluncur ke akun Instagramnya. Dari IG tersebut saya melihat beberapa cuplikan video pembicara menyampaikan gagasannya. 

Hal pertama yang ada dibenak saya adalah mungkin event seperti TEDx. Dan saya tidak sepenuhnya salah, karena Malaka Project akan membuat platform channel YouTube untuk membagikan gagasannya. Tetapi saya kira Malaka Project memiliki nilai lebih dari sekedar berbagi pengetahuan melalui channel YouTube, karena juga memiliki visi besar untuk menjadikan Indonesia lebih baik dan mendapatkan predikat negara maju di tahun emasnya di tahun 2045, yaitu dengan menghidupkan kembali nilai Madilog (Materialisme, Dialektika, dan Logika), yang tentu dengan penyesuaian kondisi saat ini, dari tokoh pemikir dan perjuangan bangsa, Tan Malaka, sehingga paradigma masyarakat baru di Indonesia bisa terwujud.

Teman-teman bisa melihat video launching event Malaka Project di akun YouTube nya ya di link ini https://www.youtube.com/live/IzR9BpcK8Us?si=ZV_37ppZcx2IyuBn

Di blog saya ini, saya ingin membagikan salah satu gagasan dari pembicara di Launching Event Malaka Project yang bisa teman-teman lihat di video awal postingan ini, yaitu dari Rizky Ardiprakoso, owner dari parfum HMNS, mengenai Krisis Potensi Hilirisasi yang harus kita atasi yang disinyalir menjadi rahasia agar Indonesia  bisa mencapai predikat negara maju saat ini dan di masa mendatang.

Salah satu faktor penting yang harus kita siapkan untuk melakukan hilirisasi menurut Rizky adalah sumber daya manusia yang andal, karena pada proses hilirisasi dibutuhkan berbagai tenaga ahli dan terampil dari berbagai keilmuan yang bisa mengisi tahapan panjang dari hilirisasi tersebut. Sehingga sangatlah tepat kalau program beasiswa pendidikan tinggi yang digagas oleh Malaka Project akan menjadi terobosan dan ikhtiar untuk meningkatkan dan menyiapkan tenaga unggul dalam negeri untuk melaksanakan hilirisasi sumber daya di Indonesia tersebut.

Saya pun ingin ikut ambil bagian dari gerakan besar ini dengan membuat postingan di blog saya ini. Semoga langkah kecil saya ini dan berbagai langkah kecil lainnya yang semoga bisa saya lakukan saat ini dan di masa mendatang, akan berdampak untuk orang di sekitar saya dan pada akhirnya akan membantu meraih Indonesia Emas 2045 dengan predikat Indonesia sebagai negara maju. Aamiin..

No comments:

Post a Comment